3 Tips Jitu Ekspansi Global untuk Online Shop

global market

Dalam bisnis, mencari dan menarik pelanggan baru adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh tim marketing. Ada banyak sekali pelanggan potensial di luar sana yang menunggu untuk membeli apa yang kita jual.

Sebelum kita membuka pintu ke seluruh dunia, kita harus membuat strategi yang tepat. Jika baru memulai, mungkin kita akan memulai dari hal yang kecil dengan menjual beberapa barang di beberapa pasar. Setelah menguji beberapa produk utama dan pasar memberikan respon positif, kita bisa berinvestasi lebih besar lagi. Berikut adalah 3 tips jitu ekspansi global untuk online shop.

1. Cari target pasar kita

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu siapa target pasar kita, apa yang mereka beli dan bagaimana mereka berbelanja.

– Kumpulkan market intelligence

Mulailah dengan melihat data internal kita sendiri untuk melihat dari negara mana saja orang telah membeli produk kita. Cobalah memperluas jangkauan kita ke pasar ini, bahkan jika hanya untuk menguji menjual produk tertentu. Kita juga bisa memanfaatkan beberapa tools riset yang ada.

– Riset permintaan produk dan tren pembelian

Untuk membantu menginformasikan target pasar kita, lakukan riset terhadap negara mana saja yang memiliki permintaan tertinggi untuk produk atau niche khusus kita. Apakah ada permintaan, atau celah di pasar, untuk produk kita? Meskipun kita berada di situ, cobalah untuk belajar sebanyak mungkin tentang pola belanja konsumen dan dari negara mana saja mereka berasal.

2. Pertimbangkan metode pembayaran yang digunakan

Setelah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Ini merupakan langkah penting karena checkout adalah titik di mana pembeli global cenderung meninggalkan pembelian mereka, baik karena metode pembayaran yang tidak disukai atau karena merasa tidak yakin bahwa transaksi mereka aman.

– Riset metode pembayaran pembeli lokal

Hal ini sangat bervariasi, tergantung masing-masing negara, dan penting bagi kita untuk mengetahui metode apa yang terbaik untuk target pasar kita. Sebagai contoh, di Belanda 60% dari pembayaran menggunakan debit, sedangkan di Jerman 46% dari pembayaran menggunakan transfer bank online.

3. Buat strategi memasuki pasar global

Ada beberapa pilihan untuk memasuki pasar baru, mulai dari melakukan uji coba kecil di online marketplace yang telah ada, mengoptimasi website yang ada atau menyiapkan website lokal di negara-negara tertentu.

– Mulai dari hal kecil pada online marketplace yang ada

Situs seperti eBay dapat memberikan kita yang lebih baik untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah. Di eBay, memungkinkan kita untuk menguji permintaan produk sebelum melakukan pengembangan besar pada website kita. Selain itu, pertimbangkan online marketplace lainnya yang mungkin populer di target pasar kita.

– Optimasi website yang ada

Sebuah pilihan yang lebih maju adalah mengoptimasi website kita saat ini untuk pembeli global. Kita bisa mulai dengan menyoroti kemampuan untuk menerima order internasional dengan informasi tentang negara yang dilayani dan biaya pengiriman. Setelah memiliki banyak pengalaman, kita dapat melihat ke dalam daftar produk dalam mata uang lokal untuk orang-orang dengan alamat IP non-AS, dan mungkin akhirnya menginstal multi-language toggle untuk website kita.

– Buat kustom website untuk pasar tertentu

Pilihan yang paling canggih adalah membangun sebuah website yang dirancang untuk menarik pelanggan di luar negeri tertentu. Hal ini bisa mencakup penggunaan nama domain lokal. Produk dan strategi yang bekerja di Indonesia belum tentu bekerja di negara lain, sehingga website yang tertarget bisa memberikan fleksibilitas penuh untuk menguji presentasi terbaik dari produk kita. Jika kita menggunakan cara ini, ingat untuk menguji pengalaman, jadi kita bisa memastikan elemen seperti teks terjemahan, konversi mata uang, dan perhitungan biaya pengiriman bekerja dengan baik.

Itulah 3 tips bagaimana melakukan ekspansi global untuk online shop. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *