4 Langkah Jitu Customer Service yang Harus Kamu Coba

Jika kamu adalah pemilik bisnis kecil, kamu mungkin sering merasa benci dengan kata-kata “ekspektasi” lebih dari apapun. Pelanggan atau user memiliki mimpi, angan-angan, harapan yang sangat banyak tentang fitur atau layanan produk dari brandmu. Mungkin suatu waktu itu bisa menjadi motivasi bagimu, namun tak jarang harapan yang terlampau tinggi itu justru membuatmu stress.

Dalam industri teknologi, ekspektasi adalah pembunuh. Layaknya awan, harapan-harapan pengguna jumlahnya jutaan, dan bentuknya selalu berubah-ubah, kamu tidak bisa menyalahkan orang lain karena memikirkan apapun yang mungkin terjadi di industri ini. Namun ketika sudah berhubungan dengan budget, kamu belum tentu bisa memenuhi semua keinginan, jadi bagian dari tanggungjawabmu dan tentunya menantang dari menjalankan sebuah bisnis adalah belajar untuk mengatur dan mewujudkan ekspektasi klien. Untuk itu sebaiknya kenali dulu 4 hal customer service berikut ini:

  1. Tentukan Bisnis yang Sesuai

Sebagai juru bicara produk, kamu memiliki wewenang untuk menentukan jenis pelanggan yang diinginkan, dan itu dimulai dari brandmu. Jika kamu memilih sistem operasi full-service yang menangani kebutuhan pelanggan dari awal hingga akhir, kamu harus komitmen untuk melakukan itu dengan cepat untuk menjaga mood pelanggan. Jika kamu akan lebih banyak lepas tangan, kamu bisa memberikan pelayanan sesudah klienmu dengan mandiri melakukan DIY mereka. Komunikasikan apa brandmu dan konsisten dengan itu. Jika calon pelanggan datang padamu dengan pemahaman yang tidak sesuai, kamu belum melakukan branding dengan cukup kuat dan benar.

  1. Pahami Klien

Ketika bisnis mulai berjalan, permainan ekspektasi seketika juga dimulai. Kamu akan menemui klien yang menyukaimu dan klien yang tidak terlalu suka dengan bisnismu. Anggap mereka sebagai sebuah studi kasus. Biarkan mereka bersuara. Pelajari apa yang salah. Klien-klien yang kurang menyenangkan seperti ini akan membantumu berkembang menjadi lebih kuat dibandingkan para fansmu. Tanyakan secara langsung kesalahan apa yang menurut mereka kamu lakukan. Katakan bahwa kamu akan mengoreksinya.  Untuk menginisiasi bentuk komunikasi seperti itu, kamu harus pandai melihat situasi dan kondisi klien, jangan tunggu sampai mereka meledak-ledak. Selalu cek suara mereka, baik secara digital maupun bertemu langsung. Sebagai penyedia layanan, kamu wajib untuk menjaga hubungan baik dengan semua stakeholder terutama klien.

  1. Transform Your Relationship

Ketika menemui klien yang agak “alot” kamu memiliki kesempatan untuk mengubah hubungan menjadi lebih baik lagi. Klien yang marah tidak selamanya akan marah, ada diantara mereka yang terbuka untuk berubah pikiran jika kamu memberikan kesempatan untuk mereka. Mulai dengan berempati dan akhiri dengan memberikan pemahaman. Dengarkan pendapat mereka, beritahukan bahwa kamu akan melakukan segala cara untuk membuat solusi terbaik. Tapi ingat, berikan solusi yang realistis dan optimis bisa kamu lakukan, jangan membuat ekspektasi mereka menjadi jauh lebih tinggi lagi. Dengan begitu kamu berhasil mencari jalan keluar yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Fair enough.

  1. Rinse and Repeat

Ketika kamu kehilangan pelanggan, jadikan ini sebagai peluang untuk mencari pelanggan yang lebih baik lagi. Perlakukan calon pelanggan baru dengan pengetahuan yang lebih baik tentang bisnismu, kamu bisa melakukan branding ulang pada mereka, dan melakukan komunikasi yang lebih proaktif. Mimpi kita semua adalah bisa dengan mudah menolak pelanggan yang dirasa kurang cocok dengan profil target pasar kita, namun itu bukan pilihan yang ada dari kebanyakan bisnis. Tapi, kamu bisa memperbaikinya di target pelanggan berikutnya, dan berikutnya, dan berikutnya lagi.

Nah itu dia tadi empat poin customer service yang sebaiknya kamu perhatikan demi memenuhi ekspektasi dari pelanggan/klien. Apakah menurutmu ada poin lain yang sebaiknya diperhatikan? Silakan isi di kolom komentar di bawah ini.

Belum punya bisnis online sendiri? Jangan khawatir, kamu bisa kunjungi Jejualan sekarang juga. Solusi mudah untuk online marketers sepertimu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *