4 Strategi Jitu Mengarahkan Konsumen ke Online Shop

Online shopping concept.

Situs ecommerce tak dipungkiri telah menghadapi banyak sekali tantangan dan pesaing yang tak terhitung jumlahnya. Namun, sebagai pemilik bisnis online shop yang ulet akan segera belajar dari para ahli untuk bisa menjadi unggul dan menarik perhatian. Selalu ingat tips berikut ini untuk menjaring konsumen ke online shop milikmu.

Temukan celah dan menjadi dominan. Bagaimana caranya untuk bisa bersaing dengan perusahaan sebesar dan sesukses Amazon? Jawabannya adalah kamu tidak harus melakukannya. Hal itu hanya akan membuang-buang jutaan rupiah bahkan hanya untuk memulainya, jadi kuncinya adalah dengan menemukan satu sudut kecil dari sebuah industri yang lebih spesifik dan menguasainya. Bagi para entrepreneur pemula, menemukan celah bisnis adalah jalan terbaik menuju sukses dalam jangka pendek. Pertama-tama fokuslah ke satu hal yang spesifik, be good at it dan lanjutkan dengan melebarkan sayap ke area lainnya selagi bertumbuh.

Make your offer clear. Jelaskan alasan mengapa calon pelanggan harus berbelanja di online shop-mu. Jika kamu menjual t-shirt warna putih, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang membuat produkmu memberikan value lebih pada pelanggan dibandingkan produk lain, komunikasikan dengan baik tentang value tersebut. Jika kamu tidak mampu menawarkan produk yang unik dan terbaik, kamu harus bisa putar otak untuk membuatnya menjadi lebih fresh. Kamu harus melakukan sesuatu yang unik agar orang lain membicarakannya dan membuatnya menjadi produk yang layak.

Konten masih menjadi rajanya. Layaknya situs bisnis online lainnya, memiliki strategi konten yang terarah mampu lebih meningkatkan jangkauan situs dan SEO. Jangan hanya menuliskan ulang copy yang diberikan dari perusahaan manufakturmu, tidak hanya karena itu membosankan, namun juga bisa dikenakan penalti duplikasi konten oleh Google dan merusak visibilitas situsmu.

Jadilah kreatif, mulai dengan konten yang unik pada setiap halamannya. Pelajari strategi konten, praktekkan dengan baik dan lengkapi dengan marketing media sosial untuk membangun dan membedakan brandmu. Mempublikasikan konten yang memperkuat brand baik secara online maupun offline akan membuktikan manfaat SEO dalam jangka panjang serta memberikan traffic organic bagi website.

Cari tahu tentang audiensmu. Terutama tempat di mana calon pelangganmu beredar secara online dan bagaimana cara mendapatkan mereka. Strategi ini membutuhkan adanya riset dan pengamatan cermat pada percakapa di Twitter, blog, dan platform online lainnya. Melalui proses ini, kamu akan akan memahami apa yang calon pelanggan potensialmu cari, bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dan platform mana yang sebaiknya kamu gunakan.

Setelah kamu menemukan platform mana yang sesuai, kamu bisa menggapai mereka dengan pesan brand online shop-mu yang unik dan mulai mengedukasi audiens tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *