6 Kesalahan Iklan Media Sosial yang Perlu Dihindari

3

Kita semua melakukan kesalahan, tapi jika menyangkut upaya periklanan media sosial maka kesalahan ini bisa berakhir dengan biaya banyak yang harus Anda bayar.

Berhenti Membuat 6 Kesalahan Iklan Media Sosial Ini

  1. Tidak Menetapkan Tujuan Yang Tepat

Sebelum berpikir untuk membuat satu iklan sosial Anda perlu tahu mengapa Anda melakukannya. Apakah Anda mencoba membangun kesadaran merek atau apakah Anda hanya berfokus untuk mendapatkan prospek? Pertimbangkan apa sebenarnya yang ingin Anda capai dengan kampanye iklan sosial tersebut.

Kami menyarankan untuk menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Alih-alih sebuah tujuan untuk “meningkatkan penjualan,” pikirkan persentase aktual (atau bisnis Anda) untuk meningkatkan penjualan dan berapa garis waktu Anda. Begitu Anda menetapkan sasaran bisnis ini, akan lebih mudah merencanakan kampanye Anda.

Jika Anda tidak membangun tujuan yang nyata, Anda tidak dapat menetapkan iklan yang sukses. Untuk mencari tahu jenis tujuan yang harus Anda setting, pikirkan pertanyaan audiens dan poin permasalahan yang perlu Anda hadapi.

  1. Tidak Menyesuaikan Iklan Dengan Platform Tertentu

Tidak semua iklan diciptakan sama. Setiap jaringan sosial memiliki persyaratan dan spesifikasi yang berbeda untuk iklan sosial yang mereka hosting dan jika Anda tidak mengoptimalkan konten iklan Anda untuk mematuhi ini, Anda akan menyakiti peluang sukses Anda.

Anda perlu memikirkan platform dan iklan apa yang akan dijalankan, dan juga jenis perangkat apa yang digunakan. Spesifikasi untuk jaringan yang berbeda penting untuk diperhatikan sehingga Anda dapat memastikan iklan terlihat sebaik mungkin.”

  1. Lupa Untuk Memantau Iklan

Jika Anda lupa atau tidak tahu bagaimana untuk memantau iklan dengan benar, Anda bisa menghabiskan banyak biaya untuk hal ini. Pastikan Anda menghapus penempatan atau penargetan yang paling mahal (kelompok usia, lokasi, dan demografi lainnya) di sepanjang jalan untuk memaksimalkan efisiensi biaya iklan Anda.

Saat memonitor iklan dengan cermat, Anda dapat dengan cepat membuat keputusan seperti menjeda atau menghentikan iklan yang kinerjanya tidak berkinerja baik. Ini memungkinkan Anda menyalurkan anggaran tersebut ke iklan yang berkinerja terbaik. Pemantauan iklan dapat memberi Anda kesempatan untuk melakukan penyesuaian yang pada akhirnya akan memberikan hasil yang lebih baik.

  1. Tidak Tahu Bagaimana Mencapai Target Audiens

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan media sosial, Anda harus memastikan bahwa konten yang dibagikan sesuai dengan target audiens. Misalnya, jika ada bagian konten yang berkaitan dengan pemasaran konten video, pastikan Anda menargetkan orang-orang yang memiliki kepentingan di bidang tersebut atau judul pekerjaannya sesuai dengan topik yang Anda promosikan.

  1. Lupa Untuk Merencanakan Anggaran

Ketika membuat iklan, salah satu kesalahan terbesar manajer media sosial adalah tidak merencanakan anggaran sebelumnya. Kami merekomendasikan perencanaan anggaran Anda sebelum satu bulan saat iklan dimulai. Ini berarti menguraikan semua taktik yang Anda rencanakan untuk bulan yang akan datang dan mengalokasikan pengeluaran khusus untuk setiap taktik. Jika Anda tidak merencanakan ke depan, Anda akan bertanya-tanya dari mana anggaran Anda dan akan sulit mengukur keberhasilan setiap kampanye dengan tepat.

Kami merekomendasikan cara mudah ini untuk mengelola anggaran:

  • Bangun spreadsheet dengan semua taktik iklan sosial
  • Buat kolom untuk anggaran yang dialokasikan dan satu untuk pembelanjaan sebenarnya
  • Pastikan Anda memperbarui spreadsheet secara konsisten sehingga tidak kehilangan jejak

Penting untuk mengetahui bagaimana membagi anggaran di antara taktik yang telah disusun. Anda mungkin melihat dari bulan ke bulan terdapat format tertentu, seperti video, jauh lebih hemat biaya daripada yang lain. Ini merupakan indikasi bagi Anda untuk membuat iklan dengan format tertentu dan menyesuaikannya dengan anggaran yang ada.

Kesalahan-kesalahan yang dijelaskan di atas bisa membuat Anda tetap sukses di media sosial. Dengan memastikan iklan Anda terorganisir, mengingat pengeluaran sehari-hari, dan membuat keputusan cerdas tentang format iklan, Anda dapat menghindari kesalahan ini dan membuat iklan sosial Anda bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *