6 Langkah Aman Transaksi Menggunakan Mobile Banking

mobile banking, mobile security, Female hands using mobile banking on smart phone

Cara melakukan operasi perbankan telah berubah drastis selama bertahun-tahun. Meningkatknya pengguna internet, membnatu menghilangkan kebutuhan untuk pergi ke bank atau ATM ketika melakukan transaksi atau memindahkan uang. Beberapa tahun terakhir lanskap telah berubah lebih jauh, dengan munculnya smartphone maka dapat melihat keuangan kita di mana saja dan kapan saja.

Jadi, jika kamu memiliki smartphone kemungkinan kamu telah mendonwload aplikasi resmi dari bank-mu. Sebagian besar bank dapat memastikan keamanan aplikasi ini, karena potensi masalah bisa menghancurkan reputasi bank. Aplikasi ini sering memiliki batas yang ditetapkan pada jumlah uang yang dapat mentransfer untuk meminimalkan resiko dan beberapa permintaan kode dari pembaca atau kartu untuk mengotorisasi transasksi.

Namun, seperti aplikasi lainnya, pembayaran biasanya lebih aman dan tindakan pencegahan aplikasi pebankkan jauh lebih mudah. Seperti katika kamu menggunakan kartu kredit, kamu hanya perlu melihat laporan transaksimu.

Untuk membantumu memiminimalisir resiko, berikut ada beberapa tips mudah yang dapat membantumu dalam menggunakan mobile banking:

  1. Gunakan Aplikais Resmi

Mungkin sedikit berlebihan, tetapi kamu perlu memastikan bahwa kamu telah men-donwload aplikasi resmi bank-mu.

  1. Perbaharui Aplikasimu

Ini berlaku bagi semua aplikasi yang kamu install, tapi dengan aplikasi perbankan itu sangat penting. ketika meng-update, developers akan melakukan mempertahankan keamanann tambahan, jadi ini sangat penting untuk kamu lakukan.

  1. Pilih Opsi Otoritas SMS

Mencari opsi di aplikasi, maka bank mu akan mengirmkan SMS setiap kali kamu melakukan transaksi di akun-mu. Ini memungkinkanmu untuk melihat perbedaan sebelum terlambat.

  1. Aktifkan Log Out Pada Akun-mu

Ketika kamu selesai menggunakan aplikasi, sangat penting untuk meng-log out akun mu dari aplikasimu. Ini akan membantu melindungi-mu ketika ponselmu di curi.

  1. Gunakan Pelacak Ponsel

Mendapatkan aplikasi pelacak ponsel merupakan cara yang efisien dari jarak jauh ketika ingin menghapus informasi dari perangkatmu ketika ponselmu di curi.

  1. Menginstall Antvirus Terpercaya

Sebuah antivirus yang baik akan melindungi segala aktivitasmu yang mencurigakan atau aplikasi yang berbahaya. Panda menawarkan solusi bagi pengguna Android dan iOS dalam bentuk Panda Mobile Security utnuk Android dan Panda Antivirus untuk Mac. Ini juga dapat memindai iPhone dari malware.

Akhirnya, jika kamu menduga bahwa kamu telah menjadi sasaran penipuan perbankan, hubungi bank-mu segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *