Begini Cara Efektif Membuat Desain Logo Untuk Online Shop

desain logo

Logo adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah bisnis dan branding. Jika kita memiliki bisnis online/online shop, maka pekerjaan yang paling sulit adalah menentukan sebuah logo yang tepat. Logo bukan hanya sebagai identitas diri/bisnis, tetapi juga untuk strategi branding. Logo yang baik harus bisa menyampaikan visi dan misi dari online shop itu sendiri. Bagi Anda yang sedang/akan merancang sebuah logo untuk online shop, yuk baca tips berikut ini bagaimana membuat desain logo yang efektif.

1. Fleksibel

Fleksibilitas merupakan faktor penting yang harus diperhatikan ketika mendesain logo. Pastikan bahwa logo dapat terbaca dengan baik di semua ukuran dan warna. Sebuah logo yang efektif adalah yang sederhana, memiliki makna, dan menggugah. Tentu saja memiliki logo yang menonjol merupakan hal yang penting, tetapi jangan menambahkan unsur-unsur berlebihan yang justru membuat logo terlihat penuh dan rumit.

1

Hindari gambar/foto yang mencolok, dan font mewah. Logo yang bagus idealnya harus terlihat jelas pada semua media, seperti media cetak, digital banner, spanduk, dan kaos.

2. Pilih warna yang tepat

Salah satu tanda dari brand besar adalah yang dapat membangkitkan emosi pengguna melalui penggunaan warna yang efektif. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa orang memiliki respon kognitif dan emosional terhadap warna, dan warna logo dapat mempengaruhi pengguna apakah melakukan pembelian atau tidak.

2

Warna memainkan peran besar dalam berkomunikasi dan memperkuat identitas kita sebagai perusahaan. Pikirkan tentang pesan apa yang ingin kita sampaikan melalui sebuah brand logo. Siapa saja audiens kita? Bagaimana logo dapat membuat brand kita terlihat loyal/terpercaya? Bagaimana logo kita dapat membedakan diri dari pesaing?

Namun, tidak selamanya logo bergantung hanya pada satu warna saja. Mungkin suatu saat logo kita akan muncul dalam warna hitam dan putih, seperti pada tanda terima atau cetak printer non-warna. Jika harus mengubah logo menjadi hitam dan putih atau abu-abu, pastikan bahwa setiap bagian terbaca dengan jelas. Pertimbangkan untuk menggunakan warna kontras yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang sangat umum bagi desainer ketika bekerja pada mode greyscale untuk memastikan desain mereka efektif, dan kemudian menambahkan warna sebagai salah satu langkah terakhir.

3. Mudah diingat

Siapa yang tak kenal dengan logo dengan gambar Apel setengah tergigit? Apple, merupakan salah satu perusahaan komputer raksasa di dunia yang terkenal lewat produk-produknya yang eksklusif.

Think_Different_5_by_rubasu_1920x1200

Desain logo yang baik adalah abadi, artinya sederhana dan mudah diingat dalam benak konsumen meskipun telah mengalami beberapa perubahan kecil. Ingat, mengubah logo secara drastis dapat memberikan dampak negatif, seperti membuat kebingungan dan memunculkan persepsi baru bagi konsumen. Kita tidak harus membuat logo yang terlalu rumit agar produk kita tampak “wah”. Cukup membuat logo yang sederhana dan mudah dipahami.

Jadi, amat penting membuat desain logo yang tidak hanya bagus secara visual, tetapi juga efektif untuk mewakili identitas diri/bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *