Ecommerce: 5 Langkah Mudah Men-Share Halaman Produk

creating-shareable-content

Keinginan manusia untuk berbagi hasil penemuan dan pengalaman emosional merupakan hasrat alamiah sejak jaman dahulu, saat ini ecommerce sosial menjadi salah satu ekspresi yang bahkan tak berbatas waktu dan ruang. Sebagai pelaku industri ecommerce berikut ini ada beberapa tips praktis untuk membuat halaman produkmu menjadi lebih menarik bagi calon pembeli, dan tentunya..shareable.

Step 1: Ciptakan gambar yang berkualitas tinggi dan menarik perhatian

Mungkin kamu mengira step ini hanya ampuh untuk jejaring sosial yang berfokus pada gambar seperti Pinterest. Hal itu memang benar adanya, tapi, jangan pernah lupakan bahwa gambar/foto adalah konten yang paling banyak dishare di Facebook, dan paling banyak diretweet juga.

Step 2: Tuliskan deskripsi menarik

Copy dari produk yang bagus tidak hanya akan meningkatkan jumlah konversi, tapi membuat orang lain tergugah untuk membagikan konten tersebut ke orang lain. Deskripsi produk yang menarik membantu calon pembeli memvisualisasikan barang yang mereka inginkan dan menjadi cukup familiar untuk mempostingnya di sosial media.

Pertimbangkan untuk membuat versi singkat dan versi lengkap dari halaman deskripsi produk. Yang pertama digunakan untuk menarik perhatian dan memberikan kesan mendesak untuk calon pembeli agar segera mengecek produk, yang kedua untuk mendeskripsikan item dengan lebih lengkap dan membuat mereka cukup nyaman untuk membeli/menshare.

Step 3: Titik beratkan (hanya) pada tombol yang relevan

Memilih beragam tombol social sharing yang sempurna bisa jadi hal yang rumit. Tentu kamu menginginkan semuanya. Tapi sebaiknya kamu tidak melakukannya: karena pasti, hal itu justru menurunkan peluang produkmu akan di share.

Pada halaman produk, tampilkan jejaring yang HANYA digunakan oleh target customermu. Buatlah tombol yang mudah dilihat, above the fold. Dan sebisa mungkin jauhkan dari tombol aksi (CTA) utama seperti “Add to cart”, kalau kamu tidak ingin jumlah konversimu menurun.

Step 4: Insentif agar lebih sering sharing

Tak sedikit orang yang merasa enggan untuk merekomendasikan produk, meskipun itu produk yang mereka beli dan sukai. Namun, rasa percaya tidak menjadi masalah di sini. Mereka bisa saja mempercayai bisnismu sepenuhnya, dan masih tidak mau untuk membagikan produkmu di sosial media.

Kamu harus membuat mereka merasa konten halaman produkmu cukup layak untuk dishare. Tawarkan beberapa insentif yang bisa mengalahkan ketidaknyamanan tersebut. Ada banyak hal yang bisa kamu berikan sebagai imbalan jika mereka sudah menshare produkmu:

  • diskon
  • gift card
  • kredit belanja
  • gratis ongkos kirim

Sebaiknya sebelumnya kamu melakukan eksperimen untuk mengetahui insentif mana yang paling disukai dari para pembelimu yang unik.

Step 5: Investasi di perangkat mobile

Jangan lupa bahwa lebih dari 50% traffic berasal dari perangkan mobile, dan masih akan terus bertambah jumlahnya. Mengoptimalkan desain untuk mobile bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk brandmu. Investasikan beberapa waktu dan anggaran untuk membuat halaman produkmu tampil sangat menarik di mobile. Yakinlah bahwa hal itu akan sepadan dengan traffic, share, dan sales yang akan kamu dapatkan.

Sosial media saat ini tak bisa dihindari telah menjadi salah satu media promosi/marketing bagi semua bisnis olnline, tak terkecuali eCommerce. Kamu bisa menggunakan kelima tips di atas untuk membuat satu sumber traffic (dan penjualan) yang baru untuk brand.

Pengen punya ecommerce sendiri? Berbisnis online tak lagi ribet dan mahal karena semua bisa kamu dapatkan di Jejualan. Yuk cobain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *